Informasi

Membangun Desa Secara Mandiri dengan Website

Munculnya ide website desa tulusayu.com berawal dari keinginan untuk bersama-sama membangun desa secara mandiri dan saling membantu. Melalui informasi, sharing ide, diskusi, dan menebarkan inspirasi.

 

Kami berfikir dengan penuh tekad, biarlah raga dan kerja ada di desa, tapi website mengudara tak terhalang samudera. Kami berharap, dengan ini kami dapat mempublikasikan keberadaan Desa Tulus Ayu beserta seluruh potensi yang dimiliki kepada Indonnesia bahkan seluruh dunia. Semoga dengan keberadaan website ini, akan banyak  teman-teman dari luar sana yang peduli untuk bersama-sama memberikan sumbangsih berupa ide dan gagasan serta sumbangan lain yang diperlukan dalam rangka percepatann pembangunan Desa Tulus Ayu. Selain itu, kami juga melihat adanya potensi dan prestasi yang luar biasa dari putra-putri Desa Tulus Ayu, semoga dengan ini, putra-putri terbaik Desa Tulus Ayu dapat menulis dan berbagi ilmu sehingga menginspirasi desa-desa lain untuk maju.

Bagaimana Membangun Desa Secara Mandiri dengan Website?

Banyak desa-desa di Indonesia dengan potensi dan prestasi luar biasa. Baik berupa sumber daya manusia yang dimiliki hinngga produk kreatif yang dihasilkan oleh masyarakatnya. Namun semua hal ini bisa jadi tidak berarti apa-apa jika tidak diketahui oleh masyarakat lain. Hal ini dikarenakan kurangnya publikasi baik dari masyarakat maupun pemerintah yang terkait.

Begitupun dengan Desa Tulus Ayu. Di desa kami, banyak sekali Sumber Daya Manusia yang luar biasa. Ada yang pandai berkebun, ada yang pandai dalam hal service komputer, service laptop, service handphone, dan masih banyak lagi. Kami berfikir manfaat yang begitu besar yang bisa diberikan kepada masyarakat desa-desa lain jika mereka putra-putri Desa Tulus Ayu ini berbagi ilmu melalui website ini.

Sebagai contoh, bayangkan ketika seorang putra terbaik Desa Tulus Ayu yang mempunyai keahlian untuk reparasi komputer menulis di website Desa lalu tulisan itu diakses oleh orang diluar desa yang ternyata membutuhkan jasa service untuk laptopnya, hal ini tentu sangat membantu bagi orang yang membutuhkan service laptop itu karena informasi lebih mudah didapatkan.

Contoh lain ketika seroang pemuda Desa Tulus Ayu yang menguasai ilmu service handphone rajin menulis dan berbagi terkait keahliannya di website, akan banyak sekali orang yang membaca informasi tersebut. Lalu orang-orang yang berminat untuk belajar lebih dalam tentang dunia service handphone akan menghubungi lalu meminta kursus service handphone baik secara online maupun offline.

Kenapa Harus Website?

Baik, ini adalah hal paling mendasar dari pemikiran penulis. Kenapa penulis memilih website untuk mempublikasikan potensi yang dimiliki Desa Tulus Ayu?

Sebenarnya tidak hanya melalui website. Tetapi juga bisa dengan media sosial serta promosi offline dengan spanduk dan lainnya. Rejeki tidak datang dari website bukan? Rejeki datang dari Allah. Website dan segala bentuknya hanya bentuk ikhtiar saja.

Namun yang perlu diperhatikan adalah satu keuntungan yang dimiliki website dan tidak dimiliki oleh media lain adalah:

  • Website mudah diingat, tidak perlu mencantumkan banyak tulisan dalam sebuah spanduk ataupun promosi.
  • Semua orang bisa mengakses informasi yang ada di website.
  • Bisa memuat banyak konten. Muali dari teks, video, audio, dll.
  • Lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dll.
  • Dan masih banyak lagi keuntungan lain dengan menggunakan website.

Bagaimana Orang Lain Tau dengan Website Desa?

Untuk yang satu ini, banyak cara. Sudah menjadi kebiasaan bagi seorang penikmat internet  untuk mencari segala yang dibutuhkan melalui mesin pencari seperti Google. Apalagi di kota-kota besar, Kebutuhan internet dan informasi yang didapat dari mesin pencari adalah sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan menulis, informasi Desa dan seluruh potensi yang ada akan mudah ditemukan dimesin pencari. Ini juga salah satu cara menjembatani masyarakat desa dengan semua potensi dan keunikan yang ada dengan kebutuhaan masyarakat kota-kota di Indonesia.

Hal lain yang bisa dilakukan dan ini terbilang masih sangat powerful adalah dengan cara mempromosikan website kita secara offline dengan media seperti kaos, stiker atau yang lain sehingga orang lain dapat melihat website kita. Lihatlah gambar bus dengan stiker Desa Tulus Ayu di bawah ini.

membanngun desa melalui website

Dengan seperti ini, orang akan lebih mudah mengenal semua potensi yang ada di desa kita. Penulis cukupkan sampai disini. Semoga dapat membuka pola pikir dan menginspirasi untuk terus bersama-sama memajukan desa tercinta.

Jika dirasa bermanfaat, silahkan share informasi ini kepada yang lain, semoga menjadi penyebab kebaikan dan kemajuan bagi desa-desa yang dimanapun di seluruh Indonesia.

Post Comment