Inspirasi Desa

Desa Wisata Jejaring Bisnis Tamansari Banyuwangi – Peraih Penghargaan Desa Wisata Award 2017

Desa wisata Tamansari terletak di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Ijen. Daya tarik terkuat dari desa ini adalah Kawah Ijen. Kawah Ijen sejak beberapa tahun terakhir ini sudah menjadi tujuan wisata utama di Banyuwangi.

Kawah Ijen tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Trennya terus meningkat dari waktu ke waktu. Pada momen tertentu seperti liburan panjang, ribuan wisatawan menyerbu kawasan yang terkenal dengan fenomena api birunya ini. Imbasnya, seluruh hunian hotel dan homestay di Banyuwangi pun dikabarkan full boked. Apalagi setelah Gunung Ijen ditetapkan sebagai jaringan cagar biosfer dunia oleh Unesco, dampaknya akan membuat nama Ijen semakin dikenal di seluruh dunia.

Wisata Banyuwangi
Sumber: phinemo.com

Beberapa kelompok masyarakat di kampung wisata yang berada di sekitar areal lereng Gunung Ijen, dibina dan dilatih untuk menjual potensi desanya.

Dilansir dari jpnn.com, tren kunjungan wisatawan ke Gunung Ijen terus naik. Saat libur panjang 4-8 Mei 2016, kawasan yang terkenal dengan api blue fire-nya itu diserbu 4.000 wisatawan per hari. Seluruh hotel dan homestay di Banyuwangi okupansinya mencapai 100 persen. Bahkan sektor UMKM di Banyuwangi, ada yang bisa mendulang omzet hingga Rp 150 juta per hari.

Setelah desa wisata diluncurkan, beberapa desa wisata yang bergerak di sekitar kawasan kaki Gunung Ijen, seperti yang dikenal Kampung Penambang, Kampung Bunga dan Kampung Susu di integrasikan dalam satu ruang yang bernama Kampung Wisata Taman Sari. Wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Ijen bisa melihat etalase kecil tentang potensi Banyuwangi di pondok Desa Wisata Taman Sari yang bernuansa khas Suku Osing tersebut.

Di kawasan rest area Gunung Ijen itu, wisatawan juga bisa mencicipi ragam kuliner dan berbelanja oleh-oleh khas Banyuwangi. Kawasan itu juga dilengkapi ruang informasi pariwisata yang disebut Tourist Information Center (TIC).

Alhamdulillah.. Maha Besar Allah yang telah menganugerahkan kekayaan alam kepada masyarakat dan pemerintah Banyuwangi. Tugas kita sekarang adalah menjaga keindahan tersebut sebagai wujud syukur kita kepada Allah.

Post Comment